Lomba Sekolah Sehat, merupakan agenda tahunan program UKS yang diselenggarakan oleh 4 Dinas Terkait (Pemerintah Dalam Negeri, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan dan Departemen Agama) yang tergabung dalam Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah (TP-UKS)
Instrumen kegiatan yang dinilai dalam Lomba Sekolah Sehat adalah :
A. RUANG KEPALA SEKOLAH
ITEM YANG DI NILAI
|
SKOR
|
NILAI
YANG DIBERIKAN
|
KETERANGAN
|
|
1.
|
Kebersihan dan kerapihan ruangan
|
1-10
|
Tidak ada debu, sarang laba-laba, dan sampah,
serta terlihat rapi dan menarik dalam penataan ruangan
|
|
2.
|
Ventilasi
|
1-10
|
Luas ventilasi…. 20% dari luas lantai atau pakai AC
|
|
3.
|
Dinding
|
1-10
|
Permukaan dinding rata, bersih, tidak lembab,
berwarna terang
|
|
4.
|
Lantai
|
1-10
|
Lantai bersih, mudah dibersihkan, permukaan
rata, kedap air, tidak licin, dan terbuat dari bahan yang kuat
|
|
5.
|
Pencahayaan
|
1-10
|
Terang dengan bantuan lampu atau terang alami
(biasa membaca dengan jarak 30 cm dari buku, diuji dengan menyalakan lampu
|
|
Jumlah A
|
B. RUANG GURU
ITEM YANG DI NILAI
|
SKOR
|
NILAI
YANG DIBERIKAN
|
KETERANGAN
|
|
1.
|
Kebersihan dan kerapihan ruangan
|
1-10
|
Tidak ada debu, sarang laba-laba, dan sampah,
serta terlihat rapi dan menarik dalam penataan ruangan
|
|
2.
|
Ventilasi
|
1-10
|
Luas ventilasi…. 20% dari luas lantai atau pakai
AC
|
|
3.
|
Dinding
|
1-10
|
Permukaan dinding rata, bersih, tidak lembab,
berwarna terang
|
|
4.
|
Lantai
|
1-10
|
Lantai bersih, mudah dibersihkan, permukaan
rata, kedap air, tidak licin, dan terbuat dari bahan yang kuat
|
|
5.
|
Pencahayaan
|
1-10
|
Terang dengan bantuan lampu atau terang alami
(biasa membaca dengan jarak 30 cm dari buku, diuji dengan menyalakan lampu
|
|
Jumlah B
|
C. RUANG KELAS
ITEM YANG DI NILAI
|
SKOR
|
NILAI
YANG DIBERIKAN
|
KETERANGAN
|
||
1.
|
Kebersihan dan kerapihan ruangan
|
1-10
|
|
Tidak ada debu, sarang laba-laba, dan sampah,
serta terlihat rapi dan menarik dalam penataan ruangan
|
|
2.
|
Ventilasi
|
1-10
|
|
Luas ventilasi…. 20% dari luas lantai atau pakai
AC
|
|
3.
|
Dinding
|
1-10
|
|
Permukaan dinding rata, bersih, tidak lembab,
berwarna terang
|
|
4.
|
Lantai
|
1-10
|
|
Lantai bersih, mudah dibersihkan, permukaan
rata, kedap air, tidak licin, dan terbuat dari bahan yang kuat
|
|
5.
|
Pencahayaan
|
1-10
|
|
Terang dengan bantuan lampu atau terang alami
(biasa membaca dengan jarak 30 cm dari buku, diuji dengan menyalakan lampu
|
|
6.
|
Rasio tempat cuci tangan
|
1-10
|
|
1 kelas : 1 tempat cuci tangan
|
|
7.
|
Sarana cuci tangan pakai sabun (CCPS)
|
1-10
|
|
Tempat cuci ada di luar kelas, air mengalir
dengan baik, menggunakan gayung/kran, ada sabun dan serbet/tissue
|
|
8.
|
Jarak papan tulis dengan kursi terdepan
|
1-10
|
|
Semua kelas.... 2,5 m
|
|
9.
|
Kepadatan ruang kelas
|
1-10
|
|
Semua kelas.... 2,0 m2/siswa
|
|
10.
|
Rasio tempat sampah dengan jumlah kelas
|
1-10
|
|
1 : 1
|
|
11.
|
Tempat sampah
|
1-10
|
|
Tertutup di setiap kelas, terdapat di luar kelas
ada pemilahan
|
|
Jumlah C
|
|
|
|
D. RUANG PERPUSTAKAAN
ITEM YANG DI NILAI
|
SKOR
|
NILAI
YANG DIBERIKAN
|
KETERANGAN
|
|
1.
|
Kebersihan dan kerapihan ruangan
|
1-10
|
|
Tidak ada debu, sarang laba-laba, dan sampah,
serta terlihat rapi dan menarik dalam penataan ruangan
|
2.
|
Ventilasi
|
1-10
|
|
Luas ventilasi…. 20% dari luas lantai atau pakai
AC
|
3.
|
Dinding
|
1-10
|
|
Permukaan dinding rata, bersih, tidak lembab,
berwarna terang
|
4.
|
Lantai
|
1-10
|
|
Lantai bersih, mudah dibersihkan, permukaan
rata, kedap air, tidak licin, dan terbuat dari bahan yang kuat
|
5.
|
Pencahayaan
|
1-10
|
|
Terang dengan bantuan lampu atau terang alami
(biasa membaca dengan jarak 30 cm dari buku, diuji dengan menyalakan lampu
|
6.
|
Buku-buku tentang kesehatan (selain buku
pelajaran termasuk artikel dan majalah kesehatan)
|
1-10
|
|
Minimal 10 judul buku
|
Jumlah D
|
|
|
|
E. TEMPAT IBADAH
ITEM YANG DI NILAI
|
SKOR
|
NILAI
YANG DIBERIKAN
|
KETERANGAN
|
|
1.
|
Kebersihan dan kerapihan ruangan
|
1-10
|
|
Tidak ada debu, sarang
laba-laba, dan sampah, serta terlihat rapi dan menarik dalam penataan ruangan
|
2.
|
Ventilasi
|
1-10
|
|
Luas ventilasi…. 20% dari luas lantai atau pakai AC
|
3.
|
Dinding
|
1-10
|
|
Permukaan dinding rata, bersih, tidak lembab,
berwarna terang
|
4.
|
Lantai
|
1-10
|
|
Lantai bersih, mudah dibersihkan, permukaan
rata, kedap air, tidak licin, dan terbuat dari bahan yang kuat
|
5.
|
Pencahayaan
|
1-10
|
|
Terang dengan bantuan lampu atau terang alami
(biasa membaca dengan jarak 30 cm dari buku, diuji dengan menyalakan lampu
|
6.
|
Sarana Ibadah
|
1-10
|
|
Lantai/karpet, kita suci dan perlengkapan ibadah,
rak/ lemari/meja/kursi bersih tanpa debu
|
7.
|
Tempat wudlu
|
1-10
|
|
1 : 50 terpisah putra dan putri
|
Jumlah E
|
|
|
|
F. RUANG UKS
ITEM YANG DI NILAI
|
SKOR
|
NILAI
YANG DIBERIKAN
|
KETERANGAN
|
||
1.
|
Kebersihan dan kerapihan ruangan
|
1-10
|
|
Tidak ada debu, sarang laba-laba, dan sampah,
serta terlihat rapi dan menarik dalam penataan ruangan
|
|
2.
|
Ventilasi
|
1-10
|
|
Luas ventilasi…. 20% dari luas lantai atau pakai
AC
|
|
3.
|
Dinding
|
1-10
|
|
Permukaan dinding rata, bersih, tidak lembab,
berwarna terang
|
|
4.
|
Lantai
|
1-10
|
|
Lantai bersih, mudah dibersihkan, permukaan
rata, kedap air, tidak licin, dan terbuat dari bahan yang kuat
|
|
5.
|
Pencahayaan
|
1-10
|
|
Terang dengan bantuan lampu atau terang alami
(biasa membaca dengan jarak 30 cm dari buku, diuji dengan menyalakan lampu
|
|
6.
|
Tempat cuci tangan di ruang UKS
|
1-10
|
|
Menggunakan air mengalir dengan sabun dan
tissue/lap
|
|
7.
|
Tempat Sampah
|
1-10
|
|
Tertutup dan dipilah
|
|
8.
|
Perlengkapan ruang UKS
|
1-10
|
|
Luas ruang UKS 27 m2, ada tempat tidur, alat ukur
berat dan tinggi badan, termometer, moel rahang dan sikat gigi, sarana
pelayanan UKGS, snellen chart/Kartu E, lemari, senter, air minum, sendok
|
|
9.
|
Bahan dan obat-obatan P3K
|
1-10
|
|
Obat luar, kain kasa steril, alkohol, plester
kecil untuk luka, elastis verban, plester, verbal, spalk, mitela/kain
segitiga, gunting dan atiseptik
|
|
10.
|
Obata-obatan P3P
|
1-10
|
|
Obat turun panas/obat pengurang rasa sakit,
oralit, talk/bedak cair untuk gatal-gatal, obat maag, obat gosok dan pembalut
|
|
11.
|
Kartu/buku data kegiatan UKS
|
1-10
|
|
KMS AS/buku catatan
pengukuran BB/TB, data hasil pemeriksaan kesehatan, data rujukan kasus, data
harian dan bulanan, data kegiatan pembinaan UKS dan data penjaringan
kesehatan kelas I
|
|
12.
|
Bagan struktur organisasi
|
1-10
|
|
Ada, ditempel di dinding
|
|
13.
|
Papan data kegiatan pelaksanaan UKS
|
1-10
|
|
Ada, ditempel di dinding
|
|
14.
|
Jumlah program/kegiatan TP-UKS
|
1-10
|
|
Minimal 5 kegiatan
|
|
15.
|
Kerjasama TP UKS tahun 2012
|
1-10
|
|
TP-UKS bekerjasama dengan komite sekolah,
dinas/instansi terkait lainnya (selain SKB 4 menteri) dan dunia usaha (selain
industri rokok)
|
|
16.
|
Guru dan atau kepala sekolah yang mengikuti
pelatihan UKS
|
1-10
|
|
Minimal 2 orang yang telah ditatar/dilatih UKS
|
|
17.
|
Pemanfaatan ruang dan fasilitas UKS dalam 1 tahun
terakhir
|
1-10
|
|
UKS digunakan sebagai sarana pelayanan dan
pembelajaran
|
|
18.
|
Buku-buku pengetahuan/media pendidikan kesehatan
|
1-10
|
|
Buku pedoman tentang kesehatan, ponter/banner,
leaflet/booklet dan lembar balik
|
|
Jumlah F
|
|
|
|
G. FASILITAS SANITASI
ITEM YANG DI NILAI
|
SKOR
|
NILAI
YANG DIBERIKAN
|
KETERANGAN
|
|
1.
|
Air
|
1-10
|
|
Sumber air bersih dari sumur/PAM artetis/gali/ pompa tangan, kualitas
dan kuantitas cukup
|
2.
|
Jarak sumber air bersih dari sumur peresapan/septic tank dan sumber
pencemaran
|
1-10
|
|
Minimal 10 m/PAM
Sumber pencemaran :
- Penampungan limbah
- penampungan sampah
|
3.
|
Kondisi kualitas fisik air
|
1-10
|
|
Tidak berwarna, berbau, dan berasa
|
4.
|
Ketersedian air bersih di sekolah
|
1-10
|
|
Mencukupi untuk seluruh keperluan sekolah
|
Jumlah G
|
|
|
|
H. KAMAR MANDI, WC DAN PETURASAN
ITEM YANG DI NILAI
|
SKOR
|
NILAI
YANG DIBERIKAN
|
KETERANGAN
|
|
1.
|
Kebersihan dan kerapihan ruangan
|
1-10
|
|
Tidak ada debu, sarang laba-laba, dan sampah,
tempat cuci tangan dan peralatan mandi lengkap dan bersih
|
2.
|
Ventilasi
|
1-10
|
|
Luas ventilasi…. 20% dari luas lantai atau pakai
AC
|
3.
|
Dinding
|
1-10
|
|
Permukaan dinding rata, bersih, tidak lembab,
berwarna terang
|
4.
|
Lantai
|
1-10
|
|
Lantai bersih, mudah dibersihkan, permukaan
rata, kedap air, tidak licin, dan terbuat dari bahan yang kuat
|
5.
|
Pencahayaan
|
1-10
|
|
Terang dengan bantuan lampu atau terang alami
(biasa membaca dengan jarak 30 cm dari buku, diuji dengan menyalakan lampu
|
6.
|
Bau kamar mandi/WC
|
1-10
|
|
Semua KM/Wctidak bau
|
7.
|
Penampungan atau bak air pada WC/KM
|
1-10
|
|
Tidak ada jentik dan seluruhnya bersih dan tidak
berlumut
|
8.
|
Saluran/tempat penampungan kotoran
|
1-10
|
|
Dialirkan ke septik tank
|
9.
|
WC
|
1-10
|
|
Semua berfungsi
|
10.
|
Air pada WC/KM
|
1-10
|
|
Seluruhnya mencukupi
|
11.
|
Jentik dilingkungan sekolah
(bak mandi, vas bunga,tempat minum burung, dispenser, ember, kaleng bekas,
dll)
|
1-10
|
|
Tidak ada jentik
|
12.
|
Alat mengambil air/gayung secara umum
|
1-10
|
|
Ada, aman, bersih, tidak membahayakan: tajam, barkarat,
berlumut
|
13.
|
Proporsi jumlah WC terhadap siswa perempuan termasuk WC guru
|
1-10
|
|
1 : 20
|
14.
|
Proporsi jumlah WC/Urinoir terhadap laki-laki
|
1-10
|
|
1 : 20
|
15.
|
Jumlah alat dan bahan pembersih
|
1-10
|
|
Ada 4 macam atau lebih untuk seluruh keperluan WC/KM
alat dan bahan pembersih :
- Sikat lantai
- Sapu lantai
- Sabun
- Disinfektan
- Kamper
- Sikat WC
- Termasuk yang ada di
gudang
|
Jumlah H
|
|
|
|
I. PELAKSANAAN TRIAS UKS
a. Pendidikan Kesehatan
ITEM YANG DINILAI
|
SKOR
|
NILAI
YANG DIBERIKAN
|
KETERANGAN
|
|
a.
|
Pendidikan Kesehatan
Reproduksi Remaja (KKR) dan pendidikan kesehatan lainnya
|
1-10
|
|
Diberikan 8 materi
Materi Pendidikan KKR
- HIV AIDS, IMS, ISR
- Haid, mimpi basah
- Kehamilan, termasuk KTD
- Gizi remaja
- Tumbuh kembang remaja
- Narkoba
- P3K
- Penyakit lainnya (P3P)
- PHBS
|
b.
|
Guru yang mengajar pendidikan kesehatan
|
1-10
|
|
Guru penjaskes/guru BK/ dokter/lainnya
|
c.
|
Pendidikan kesehatan yang diberikan di sekolah
|
1-10
|
|
Meliputi 16 indikator PHBS
|
d.
|
Peran serta siswa dalam program UKS jenis kegiatan
|
1-10
|
|
Penyuluhan, penjaringan kesehatan/pemeriksaan kesehatan berkala, P3P
dan P3K, pengawasan kantin, pemberantasan sarang nyamuk, pemanfaatan kebun
sekolah/apotik hidup
|
e.
|
Pemantauan kebugaran jasmani
|
1-10
|
|
Ada kegiatan yang mendukung kesehatan dan
kebugaran siswa
|
f.
|
Pendidikan kesehatan terdapat kegiatan ekstrakurikuler yang
berhubungan dengan perilaku beresiko (bahaya rokok dan narkoba, HIV AIDS,
seks bebas, kesehatan reproduksi, dll)
|
1-10
|
|
Ada cukup banyak dan aktif
|
Jumlah I. 1.
|
|
|
|
b. Pelayanan Kesehatan
ITEM YANG DINILAI
|
SKOR
|
NILAI
YANG DIBERIKAN
|
KETERANGAN
|
|
a.
|
Penyuluhan kesehatan satu tahun terakhir tahun
2012
|
1-10
|
|
Minimal 10 materi ditambah gigi mulut dan flu baru
Catatan :
Penyuluhan yang dilakukan oleh Puskesmas, BNK, Komite Sekolah
|
b.
|
Keterampilan siswa dalam penanganan P3K
|
1-10
|
|
Diperagakan siswa (penanganan)
- Pingsan
- Kecelakaan
- Cedera patah tulang
|
c.
|
Keterampilan siswa dalam penanganan P3P
|
1-10
|
|
Diperagakan siswa (penanganan)
- Demam
- Pusing
- Muntah
- Diare
|
d.
|
Kegiatan penjaringan kesehatan dan pemeriksaan
kesehatan berkala siswa
a. Tidak ada
b. Penjaringan kesehatan
c. Pemeriksaan kesehatan
berkala
|
1-10
|
|
|
e.
|
Kegiatan kader kesehatan remaja termasuk PMR dan
konselor sebaya
|
1-10
|
|
Diskusi kelompok tentang Kespro, narkoba, HIV
AIDS, DBD, kesling, dll, pendidikan kecakapan hidup sehat, majalah dinding/poster
tentang kesehatan remaja
|
f.
|
Siapa saja yang terlibat/ mendukung dalam
pelaksanaan BIAS (Bulan Imunisasi Anak)
|
1-10
|
|
Petugas Puskesmas, guru, orang tua/komite
sekolah, kader kesehatan remaja
|
g.
|
Apakah ada pemberitahuan kepada murid dan orang
tua dari sekolah tentang pelaksanaan BIAS
|
1-10
|
|
Edaran tertulis kepada orang tua
|
h.
|
Pelaksanaan program UKGS
|
1-10
|
|
Penyuluhan pemeliharaan kesehatan gigi, perawatan dan pembinaan
|
Jumlah I. 2.
|
|
|
|
c. Pembinaan Lingkungan Sekolah Sehat
ITEM YANG DINILAI
|
SKOR
|
NILAI
YANG DIBERIKAN
|
KETERANGAN
|
|
a.
|
Halaman
|
1-10
|
|
Tidak becek, menjadi tempat bersarang dan
berkembangbiaknya serangga /binatang, ada tempat untuk upacara/olah
raga/aula, tersedia saluran penuntasan air hujan yang diserap ke dalam tanah
atau dialirkan ke saluran umum, bersih.
|
b.
|
Tanaman perindang dan tanaman hias
|
1-10
|
|
Tanaman perindang minimal 2,
tanaman hias beragam minimal 10 jenis, tanaman hias tertata rapi, tanaman
tidak membahayakan.
|
c.
|
Kebun sekolah/apotik hidup
|
1-10
|
|
Terdapatberagam minimal 7 jenis,
tertata rapi, diberi label/nama, dan dimanfaatkan
|
d.
|
Pagar
|
1-10
|
|
Pagar terawatt dengan baik,
bersih, aman bagi warga sekolah, dan berfungsi sebagai pelindung
|
e.
|
Penerapan kawasan tanpa rokok di sekolah
|
1-10
|
|
Ada himbauan tertulis/
pointer/stiker/spanduk, dan kebijakan dari kepala sekolah tentang rokok
|
f.
|
Kegiatan pemberantasan jentik dan sarang nyamuk
|
1-10
|
|
PSN dilaksanakan seminggu
min 1 kl
|
g.
|
Suasana lingkungan sekolah, lokasi/letak sekolah
|
1-10
|
|
Nyaman, asri, dan teduh
|
Jumlah I. 3.
|
|
|
|
Download File : Instrumen Penilaian Lomba Sekolah Sehat klik